TMMD ke 102 Tahun 2018, Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenia

KET FOTO HL A : Wakil Bupati Poso, Samsuri Didampingi Dan Satgas TMMD ke 102 tahun 2018 yang juga Dandim 1307 Poso, Letkol Inf. Dody Triyo Hady saat melakukan pemeriksaan pasukan sebelum kegiatan pembukaan TMMD ke 102 tahun 2018 di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, Selasa (10/7/2018). FOTO : DOK KODIM 1307 POSO
Wakil Bupati Poso, Samsuri saat melakukan pemeriksaan pasukan sebelum kegiatan pembukaan TMMD ke 102 tahun 2018 di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, Selasa (10/7/2018). FOTO : DOK KODIM 1307 POSO

DODA, UTARA POST – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018 yang dilaksanakan Kodim 1307 Poso di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, ,mengusung tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenia, resmi digelar sejak 10 Juli hingga 30 hari kedepan.

Kegiatan ini merupakan bukti manunggalnya TNI dengan rakyat yang berada di lokasi kegiatan TMMD.

Pembukaan kegiatan TMMD ke 102  ditandai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Doda, Selasa 10 Juli 2018 dan penandatanganan berita acara kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso dan Kodim 1307 Poso. Penandatangan berita acara tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Poso, Samsuri selaku Pemkab Poso dan Letkol Inf. Dody Trio Hady selaku Komandan Kodim 1307 Poso dan Komandan Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 102 tahun 2018.

Wakil Bupati Poso, Samsuri mengatakan, kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat Desa Doda merupakan bukti bersinerginya Tentara Nasional Indoensia (TNI) dengan rakyat khususnya rakyat yang berada di Kecamatan Lore Tengah, dalam membangun daerah ini agar sejajar dengan daerah lainnya.

“Membangun daerah ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi tertentu, tetapi perlu dilakukan bersama-sama. Pemerintah Daerah bersama TNI dan masyarakat di Kecamatan Lore Tengah khususnya di Desa Doda, harus bersinergi dalam membangun daerah ini agar tidak tertinggal dengan daerah-daerah lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bumi Sintuwu Maroso,” jelasnya.

Wabup berharap, dengan adanya kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 di Desa Doda ini, percepatan pembangunan di Kecamatan Lore Tengah khususnya di Desa Doda yang merupakan salah satu wilayah terjauh yang ada di Kabupaten Poso dapat terlaksana dengan baik.

Wakil Bupati Poso, Samsuri dibonceng motor oleh salah satu anggota TNI AD dari Kodim 1307 Poso, bersama Dandim 1307 Poso, Letkol Inf. Dody Triyo Hadi (motor depan) saat hendak menuju lokasi sasaran fisik kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, Selasa 10 Juli 2018, usai pembukaan kegiatan TMMD 102. FOTO : RAHMAN

“Apa yang dilakukan TNI dengan kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 ini, dengan merintis membangun akses jalan ke Bada dan ke lokasi-lokasi cagar alam situs patung megalith khususnya lokasi situs patung megalith Tadulako , pemerintah daerah Poso kedepannya akan menindaklanjutinya dengan pengaspalan, sehingga jalur transportasi antara dua wilayah yang saat ini belum terhubung, nantinya bisa terhubung kedepannya,” papar Wabup Samsuri.

Sementara itu, Dandim 1307 Poso, Letkol Dody Triyo Hady menambahkan, dengan kekuatan personil sebanyak 150 orang, kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 di Desa Doda berlangsung selama satu bulan ini, sejumlah kegiatan akan dilaksanakan pihak TNI AD yang telah menjadi sasaran kegiatan. Seperti kegiatan fisik berupa pekerjaan timbunan pilihan / sirtu yang di antaranya berlokasi di arah patung Tadulako, jalan Doda – Lelio dan Desa Tuwo Jaya dan program sarana lingkungan seperti pembangunan MCK.

“Saat pembukaan sejumlah kegiatan non fisik seperti sunatan massal, pelayanan kesehatan dan Keluarga berencana (KB) dan Pasar Murah dan kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS) oleh anak-anak SD dilaksanakan di lokasi pembukaan TMMD ke 102. Sedangkan kegiatan non fisik lainnya seperti), penyuluhan kontrasepsi modern bagi pasangan usia subur, penyuluhan perikanan, pelayanan perpustakaan keliling dilaksanakn selama kegiatan TMMD ke 102 berlangsung,” tutut Dandim.

Selain itu kata Dandim, kegiatan lainnya seperti penyajian materi tentang 4 pilar kebangsaan dan penyuluhan tentang Penyalahgunaan narkoba dan kegiatan deteksi dini faktor resiko PTM, pemicuan di wilayah Schistosomiasis (STBM) dan stimulant pembuatan jamban di daerah Schistosomiasis serta kegiatan lainnnya. RAHMAN

”benner