Triwulan I 2020 Polres Buol Berhasil Ringkus 21 Tersangka Narkoba

Kapolres Buol, AKBP Sunarwirawan didampingi Kasat Resnarkoba Iptu Jefri Makal dan Kabag Ops AKP Yos C Lawani menggelar konferensi pers bersama sejumlah wartawan di teras depan Mako Polres, Selasa (10/03/2020). FOTO : Moh Syarif M. Joesoef/UP

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Belum genap waktu tiga bulan di tahun 2020, Kepolisian Resor (Polres) Buol, Sulawesi Tengah, berhasil mengungkap sebanyak 17 kasus peredaran Narkoba. Dalam perkara tersebut, penyidik mengamankan 21 pelaku yang telah di tetapkan sebagai tersangka.

Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan menyatakan saat menggelar konferensi pers bersama sejumlah wartawan di teras depan Mako Polres, Selasa (10/03/2020). Terkait progres penanganan perkara narkoba di wilayah kerjanya.

Muat Lebih

Didampingi Kasat Resnarkoba Iptu Jefri Makal beserta jajarannya dan Kabag Ops AKP Yos C Lawani, Kapolres Wawan membeberkan capaian dan strategi yang dilakukan dalam memberangus peredaran barang haram.

“Alhamdulillah, strategi kita dengan tidak langsung merilis apa yang sudah kita upayakan sejak Januari karena karena kita menunggu perkembangan dan strategi ini berhasil,”terang Kapolres.

Kata Kapolres, parameter keberhasilan strategi tersebut dapat terlihat dari peningkatan pengungkapan kasus narkoba tahun sebelumnya yang hanya berjumlah delapan kasus dan delapan tersangka.

“Pengungkapan peredaran barang haram pada triwulan pertama tahun 2020 naik 100% dibanding 2019 pada triwulan pertama januari sampai dengan maret 2019. Sedangkan triwulan pertama 2020 Januari-Maret 17 kasus dan 21 tersangaka,”beber Kapolres.

Satu unit mobil terios dan tiga unit motor adalah di antara barang bukti kasus Narkoba yang berhasil diamankan Sat Resnarkoba Polres Buol. (FOTO : Moh Syarif M Joesoef/UP)

Kapolres, menjelaskan jumlah dan kriteria pengungkapan tindak pidana narkoba per Januari-Maret 2020 PNS dua orang, pegawai swasta satu orang, Polri satu orang, dan 17 tersangka lainnya berprofesi sebagai wiraswasta.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan, berupa tiga unit motor, satu unit mobil terios warna hitam, uang tunai sejumlah Rp.16 juta dan puluhan unit ponsel dan narkoba jenis sabu 9,10 gram serta alat hisap.

Kapolres menambahkan, pengungkapan 21 tersangka berkat kinerja personil Satuan Resnarkoba serta hasil pengembangan informasi dan laporan dari masyarakat.

“Kita penegak hukum tidak bisa bekerja sendiri, kerja sendiripun hasilnya tidak akan maksimal. Ini ada peningkatan karena kita bekerjsama dengan masyarakat,”ujar Wawan.

Reporter : Moh Syarif M Joesoef