Warga Galumpang- Dungingis Bersama Anggota TNI AD Bangun Jalan Kantong Produksi dan Tanam Padi

Anggota TNI AD dari Koramil 02 Tolitoli Utara Kodim 1305 Buol Tolitoli, Pelda Pirman Hense Batuud berada di tengah sawah saat membantu menanam padi di Desa Dungingis Kecamatan Dako Pemean. Selain itu, anggota TNI AD ini juga membantu Masyarakat Desa Galumpang membuat jalan desa/jalan kantong produksi. FOT : DOK  Kodim 1305 BT

 

TOLITOLI, UTARA POST.CO.ID – Pembuatan jalan desa atau jalan kantong produksi di Desa Galumpang Kecamatan Dako Pemean serta  kegiatan menanam padi di Desa Dungingis dilakukan masyarakat setempat bersama anggota TNI AD Koramil 02 Tolitli Utara.

Kegiatan tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat desa menggunakan anggaran dana desa (DD) Desa Galumpang dan Desa Dungingis. Kerja bakti  tersebut dipimpin anggota TNI AD dari Koramil 02 Tolitoli Utara, Pelda Pirman Hense Batuud  dengan melibatkan masyarakat Dusun Galumpang Kecamatan Dakopamean, Selasa (17/7/2018).

Anggota TNI AD dari Koramil 02 Tolitoli Utara, Pelda Pirman Hense Batuud menyebutkan, pembuatan jalan kantong produksi bersama masyarakat Galumpang tersebut melibatkan 25 orang, dengan jenis pekerjaan pembuatan jalan desa yang berlokasi di Dusun II Kenari sepanjang 346 meter dan lebar 4 meter, dengan anggaran  sebesar Rp, 25.414.050,- dikelola TPK Desa Galumpang yang bersumber dari Dana Desa (DD).

 

Ditambahkanya, program Pemberdayaan ini dimaksud agar masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan di desa mereka, sehingga kelangsungan hidup dan pendapatan masyarakat di desa bisa lebih baik nantinya.

Sehari sebelumnya, Senin (16/7/2018) anggota TNI AD dari Koramil 02 Tolitoli Utara, Pelda Pirman Hense Batuud juga membantu kelompok tani Mekar 2 (dua) untuk menanam padi jenis mekongga seluas 75 are,  bertempat di Dusun 4 Balumbung Desa Dungingis Kecamatan Dako Pemean.

“Kegiatan menanam yang dilakukan TNI adalah bentuk kedekatan kami dengan masyarakat agar bisa terjalin hubungan harmonis,” ujarnya

Menurutnya, kegiatan kerja bakti di Desa Galumpang dan menanam padi Desa Dungungis ini, untuk menunjukkan keakraban antara masyarakat dan TNI dalam menjaga ketentraman di desa, membangun desa dan untuk memenuhi swasembada beras.

“Ini sesuai dengan program yang telah melibatkan TNI dalam bentuk pengawasan dan mengawal dalam pengunaan dana desa maupun untuk memenuhi kebutuhan gabah buat Kabupaten Tolitoli,” tandasnya. ERWIN

 

 

 

 

”benner